-->

Sabtu, 16 Maret 2013

Matematika Sekolah di Inggris


Kelompok-Usia Sekolah (Key Stage)
Kelompok-usia sekolah (key stage) adalah tahap/jenjang dalam sistem pendidikan negeri di Inggris, Wales, Irlandia Utara, dan Wilayah Inggris di Gibraltar, yang mengatur pengetahuan kependidikan yang diharapkan siswa di berbagai usia.
Jenjang tersebut adalah sebagai berikut:

Key Stage
Usia
Kelas
Bentuk (Forms)
Ujian Akhir (Final exams)
0
3–5
0
Nursery/Reception (Early Years Foundation Stage)
1
5–7
1–2
1st–2nd form infants
2
7–11
3–6
1st–4th form juniors
11 plus (untuk memasuki Grammar School)
3
11–14
7–9
1st–3rd form secondary
4
14–16
10–11
4th–5th form secondary
5
16–18
12–13
Sixth form secondary, juga FE college

KurikulumNasional menetapkan target yang akan dicapai dalam berbagai bidang studi di masing-masing kelompok-usia.
Key stage 1 menunjukkan tahap pertama dari pendidikan dasar, di Indonesia dikenal sebagai Taman Kanak-kanak.
Key stage 2 menunjukkan tahap selanjutnya dari pendidikan dasar, di Indonesia dikenal sebagai Sekolah Dasar.
Pendidikan menengah terpecah antara Key stage 3 dan 4, untuk menyesuaikan dengan program dua tahun untuk ujian di tingkat GCSE.
Key stage 0 dan 5 tidak memiliki definisi hukum, hanya digunakan sebagai indikator untuk melengkapi Key stage lainnya.


Kurikulum 2000
Kurikulum 2000 adalah pembaruan atas ujian A-Level (usia 1618) di Inggris yang diperkenalkan pada bulan September 2000. A-Level terdiri dari empat atau enam modul (units) yang dipelajari lebih dari dua tahun. Biasanya, dua atau tiga modul dinilai pada akhir tahun pertama untuk memperoleh kualifikasi Advanced Subsidiary (AS Level) yang berdiri sendiri (stand-alone). Dua atau tiga modul dinilai pada akhir tahun kedua untuk memperoleh A2-Level. Modul A2 tidak membentuk kualifikasi tersendiri, penyelesaian yang memuaskan atas modul AS dan A2 dalam mata pelajaran terkait diharuskan untuk menyelesaikan program A-Level selengkapnya.


Matematika Tingkat Lanjut (A-Level Mathematics)
Berdasarkan Kurikulum 2000, Matematika tingkat lanjut dinilai dengan sistem modul, dimana masing-masing kandidat (siswa) harus mengambil enam modul dan skor terbaik yang dicapai pada masing-masing modul berperan dalam penentuan nilai akhir. Kebanyakan siswa akan menyelesaikan tiga modul dalam satu tahun, yang akan membuat kualifikasi AS-level tersendiri dan akan menyelesaikan program A-level pada tahun berikutnya dengan tiga modul.
Program A-level dasar terdiri dari enam modul, yaitu empat modul standar (C1, C2, C3, dan C4) dan dua modul yang dapat dipilih oleh siswa atau sekolah/perguruan tinggi, dll. Modul C1 hingga C4 adalah buku teks A-level yang juga disebut modul "Inti” (Core).
Dua modul yang dipilih baik oleh pilihan pribadi siswa atau pilihan program sekolah/perguruan tinggi umumnya berbentuk S1 (Statistik) dan M1 (Mekanika).


Matematika Lanjut (Further Mathematics)
Beberapa siswa Matematika akan memilih untuk mengambil A-level pada MatematikaLanjut sebagai syarat dalam mengambil 6 modul lanjutan untuk memperoleh kualifikasi kedua. Nilai-nilai dari dua A-level akan independen satu sama lain. Matematika Lanjut menuntut siswa untuk mengambil minimal dua modul Matematika Murni Lanjut (Further Pure), salah satunya harus FP1 dan yang lainnya FP2 atau FP3, yang merupakan perluasan dari empat modul Inti (Core) dalam Matematika A-Level yang normal.
Tidak semua sekolah dapat menawarkan Matematika Lanjut, karena guru tidak memenuhi syarat, sehingga untuk memenuhinya disediakan bimbingan belajar tambahan (extra tutoring) seperti dari Program Pendukung Matematika Lanjut (Further Mathematics Support Programme, FMSP).
Beberapa siswa juga dapat mengambil kualifikasi ketiga Matematika, yaitu "Matematika Lanjut Tambahan", yang menambahkan lebih banyak modul yang tidak terdapat dalam kedua kualifikasi tersebut. Sekolah yang menawarkan kualifikasi ini biasanya hanya untuk memperoleh AS-level, dengan mengambil tiga modul, tetapi beberapa siswa melanjutkannya dengan mengambil enam modul tambahan untuk memperoleh kualifikasi lain A-Level secara penuh. Matematika Lanjut Tambahan hanya ditawarkan oleh Edexcel dan OCR saja. Pada lembaga penguji Edexcel, Matematika Murni A-level tersedia untuk siswa yang mengambil modul C1, C2, C3, C4, FP1 dan FP2 atau FP3.


Ruang Lingkup Studi
Berikut ini ruang lingkup studi dalam Modul C1, C2, C3, dan C4 pada silabus Edexcel.

C1
 

C2



C3



C4



-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...