Rt. Hon. Michael Gove MP, Sekretaris Negara untuk Pendidikan, mengumumkan bahwa Departemen Pendidikan memimpin penelaahan terhadap Kurikulum Nasional Inggris ini dan menetapkan bahwa peninjauan ini bertujuan:
memberi guru kebebasan profesional yang lebih besar dalam hal mengatur dan
mengajarkan kurikulum;
mengembangkan suatu Kurikulum Nasional yang bertindak sebagai tolok ukur
(patokan) untuk semua sekolah dan menyediakan pengetahuan yang dibutuhkan
generasi muda untuk melangkah dengan penuh percaya diri dan
keberhasilan melalui pendidikannya, dengan mempertimbangkan kebutuhan
berbagai kelompok, termasuk siswa yang berkemampuan lebih dan siswa yang
membutuhkan pendidikan khusus dan cacat (special educational needs and
disabilities, SEND);
memastikan bahwa isi dari Kurikulum Nasional ini lebih baik dibandingkan dengan
kurikulum internasional yang paling berhasil dalam yurisdiksi kinerja terbaik,
mencerminkan kebijaksanaan kolektif terbaik yang kita miliki tentang cara anak belajar dan apa yang harus mereka ketahui;
menetapkan persyaratan ketat atas hasil yang dicapai oleh siswa, yang mengukur hingga mereka berada dalam yurisdiksi
kinerja tertinggi di dunia, dan
memungkinkan orang tua siswa dapat memahami apa yang harus dipelajari anak selama karier mereka bersekolah sehingga
dapat mendukung pendidikan mereka.
Kajian ini diminta untuk mempertimbangkan pengetahuan mendasar yang perlu dipelajari anak untuk kemajuan dan pengembangan pemahamannya dalam mata pelajaran yang telah diumumkan Menteri, yaitu bahasa Inggris, matematika, ilmu pengetahuan umum (sains), dan pendidikan jasmani, dipastikan akan tetap berada dalam Kurikulum Nasional untuk semua kelompok-usia sekolah, school key stages (5 – 7 tahun, 7 – 11 tahun, 11 – 14 tahun, dan 14 – 16 tahun).
Kajian ini juga diminta untuk mengembangkan usulan, apakah masing-masing mata pelajaran lainnya dalam Kurikulum Nasional – seni dan desain, kewarganegaraan, desain dan teknologi, geografi, sejarah, teknologi informasi dan komunikasi, bahasa asing modern dan musik – harus tetap menjadi bagian dari Kurikulum Nasional, dan jika demikian, pada kelompok-usia yang mana. Tahap kedua tinjauan akan menghasilkan rancangan Program Studi untuk semua mata pelajaran yang telah diputuskan Menteri harus menjadi bagian dari kurikulum nasional mendatang atau bila diputuskan bahwa semuanya itu tidak diwajibkan (non-statutory) dalam program studi.
Kajian ini lebih lanjut juga mempertimbangkan:
o sejauh mana isi kurikulum nasional harus diatur berdasarkan tahun demi tahun, untuk memastikan bahwa pengetahuan
dibangun secara sistematis dan konsisten;
o apa, jika ada, deskriptor yang dapat menggantikan tujuan dan tigkat pencapaian yang sudah ada untuk menentukan
standar pencapaian yang lebih baik yang harus dicapai anak pada, dan akan dinilai terhadap, berbagai hal selama
pendidikan mereka;
o apa yang dibutuhkan untuk membentuk harapan (expectations) demi kemajuan yang mendukung kemampuan rendah dan
memperluas kemampuan tinggi;
o cara kurikulum nasional dapat mendukung penyediaan saran dan informasi yang lebih berguna terhadap orang tua tentang
kemajuan anak mereka, dan
o cara isi kurikulum nasional dapat mendukung penyisipan (program) kesetaraan dan penyertaan (inclusion).
Selain permintaan bukti, peninjauan yang dilakukan telah melalui analisis terhadap penelitian yang ada, termasuk bukti-bukti internasional, dan konsultasi yang lebih luas melalui serangkaian acara, lokakarya, dan pertemuan dengan para ahli terkait mata pelajaran, akademisi, guru, dan mitra utama lainnya .
Pelaksanaan Permintaan Bukti
Untuk memperoleh bukti yang diminta, pihak yang berminat diundang untuk menanggapi serangkaian pertanyaan yang berhubungan dengan isu-isu yang sedang dipertimbangkan oleh peninjau.
Departemen ini menggunakan sejumlah saluran untuk meningkatkan kesadaran terhadap permintaan bukti, termasuk situs web Departemen Pendidikan, media sosial, organisasi mitra dan pemegang keputusan (stakeholder), dan bidang penerbitan khusus. Digelar pula sejumlah acara eksternal dan konferensi dengan melibatkan masyarakat, anggota tim peninjau, dan pejabat.
Tindak Lanjut
Tanggapan terhadap permintaan bukti beserta bukti-bukti lain yang dikumpulkan selama peninjauan akan akan diputuskan secara resmi pada Kurikulum Nasional mendatang. Model rancangan Program Studi bahasa Inggris, ilmu pengetahuan umum (sains), matematika dan pendidikan jasmani dikembangkan dan diperluas pada tahun berikutnya sebelum dikonsultasikan secara resmi kepada masyarakat. Tujuan akhirnya adalah Program Studi untuk setiap mata pelajaran yang diputuskan tercantum dalam Kurikulum Nasional harus tersedia untuk sekolah pada bulan September 2013 dan pengajarannya di sekolah dengan pengawasan dimulai pada bulan September 2014.
Pertanyaan yang Diajukan
Pertanyaan terhadap orangtua siswa:
Q1 Apakah Anda memiliki anak atau anak-anak pada salah satu kelompok usia berikut?
(Di bawah 4, 4-10 tahun, 11-16 tahun, Lebih dari 16)
Q2 Apa yang paling membantu Anda untuk mengetahui apa yang anak Anda harus pelajari dalam mata pelajaran
yang berbeda di sekolah?
Q3 Saat ini sekolah menggunakan Kurikulum Nasional delapan "tingkat" untuk mengidentifikasi pada tingkat mana
anak berada dalam setiap mata pelajaran (misalnya "Anak Anda berada pada tingkat 4 dalam bahasa Inggris
dan tingkat 5 dalam matematika"). Apakah pelaporan semacam ini membantu Anda untuk memahami
seberapa baik yang anak Anda lakukan di sekolah?
(Ya, Tidak, Tidak yakin)
Q4 Apakah ada sesuatu yang Anda pikir bisa dilakukan untuk Kurikulum Nasional yang akan membantu Anda
mendukung anak Anda belajar lebih efektif?
Q5 Silakan gunakan ruang ini untuk setiap tanggapan lain yang Anda ingin buat tentang isu-isu yang dibahas
dalam bagian ini.
Pertanyaan tentang Tinjauan Umum terhadap Kurikulum Nasional:
Q6a Apa yang Anda pikirkan tentang kekuatan utama dari kurikulum nasional saat ini?
Q6b Apa yang Anda pikirkan tentang hal-hal utama yang harus dilakukan untuk memperbaiki kurikulum nasional
saat ini?
Q7a Apa cara terpenting untuk merampingkan Kurikulum Nasional?
Q7b Apakah Anda berpikir bahwa perbandingan atau jumlah jam pelajaran harus ditentukan dengan cara apapun
dalam Kurikulum Nasional; misalnya untuk mata pelajaran tertentu dan/atau dalam kelompok-usia tertentu?
(Ya, Tidak, Tidak yakin)
Q8 Silakan gunakan ruang ini untuk setiap tanggapan lain yang Anda ingin buat tentang isu-isu yang dibahas
dalam bagian ini.
Pertanyaan tentang Bahasa Inggris, matematika, ilmu pengetahuan dan pendidikan jasmani:
BAHASA INGGRIS
Q9a Pengetahuan apa yang Anda anggap penting untuk dimasukkan ke dalam Program Studi Bahasa Inggris?
Silakan juga tunjukkan mengapa hal ini sangat penting dan pada usia atau kelompok-usia berapa.
Q9b Berdasarkan tanggapan Anda di atas, haruskah Program Studi Bahasa Inggris ditetapkan berdasarkan tahun
demi tahun atau seperti saat ini, untuk setiap kelompok-usia?
(Kelompok-usia, Tahun demi tahun, Tidak yakin)
MATEMATIKA
Q10a Pengetahuan apa yang Anda anggap penting untuk dimasukkan ke dalam Program Studi Matematika?
Silakan juga tunjukkan mengapa hal ini sangat penting dan pada usia atau kelompok-usia berapa.
Q10b Berdasarkan tanggapan Anda di atas, haruskah Program Studi Bahasa Inggris ditetapkan berdasarkan tahun
demi tahun atau seperti saat ini, untuk setiap kelompok-usia?
(Kelompok-usia, Tahun demi tahun, Tidak yakin)
Demikian selengkapnya dapat Anda pelajari di sini.
-->
Tidak ada komentar:
Posting Komentar