-->

Rabu, 27 Februari 2013

Standar Guru di Inggris

MUKADIMAH
Guru menjadikan pendidikan terhadap para siswanya sebagai perhatian utama, dan bertanggung jawab untuk mencapai standar setinggi mungkin dalam pekerjaan dan perilaku. Guru bertindak dengan kejujuran dan integritas, memiliki pengetahuan mata pelajaran yang kuat, mempertahankan pengetahuan dan keterampilan sebagai guru yang terbarukan (up-to-date) dan kritis terhadap diri sendiri, menjalin hubungan profesional yang positif, dan bekerja dengan orang tua siswa demi kepentingan terbaik bagi siswa.




BAGIAN SATU: PENGAJARAN

Seorang guru harus:

1. Menetapkan harapan tinggi yang menimbulkan inspirasi, motivasi dan tantangan terhadap siswa
    o menciptakan lingkungan yang aman dan mendorong (stimulating) bagi siswa, berakar pada saling menghormati
    o menetapkan tujuan yang luas dan menantang siswa dari semua latar belakang, kemampuan, dan kebiasaan
    o menunjukkan secara konsisten sikap positif, norma, dan perilaku yang diharapkan siswa.

2. Meningkatkan kemajuan dan hasil baik yang diperoleh siswa
    o bertanggung jawab terhadap pencapaian, kemajuan, dan hasil siswa
    o menyadari kemampuan dan pengetahuan siswa sebelumnya, dan merencanakan pengajaran yang dibangun atas dasar 
       hal tersebut
    o memandu siswa untuk menunjukkan kemajuan yang telah mereka buat dan kebutuhan mereka yang muncul
    o menunjukkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara siswa belajar dan dampaknya terhadap pengajaran
    o mendorong siswa untuk memiliki sikap bertanggung jawab dan teliti dalam bekerja dan belajar.

3. Menunjukkan pengetahuan yang baik tentang mata pelajaran dan kurikulum 
    o Memiliki pengetahuan yang terjamin atas (satu atau beberapa) mata pelajaran yang relevan dan ruang lingkup 
       kurikulum, mengembangkan dan mempertahankan minat siswa terhadap mata pelajaran, dan mengatasi kesalahpahaman 
       siswa
    o menunjukkan pemahaman kritis terhadap perkembangan mata pelajaran dan ruang lingkup kurikulum, dan meningkatkan 
       nilai prestasi akademik (scholarship)
    o menunjukkan pemahaman dan tanggung jawab dalam meningkatkan standar tinggi terhadap kecakapan menulis dan 
       membaca (literacy) , berbicara (articulacy), dan penggunaan Bahasa Inggris baku yang benar, apa pun mata pelajaran 
       spesialis guru
    o Dalam pengajaran dasar membaca, menunjukkan pemahaman yang jelas terhadap sistematik, sintetik, fonetik
    o Dalam pengajaran dasar matematika, menunjukkan pemahaman yang jelas terhadap strategi pengajaran yang sesuai.

4. Merencanakan dan mengajarkan pelajaran dengan terstruktur secara benar
    o menanamkan pengetahuan dan mengembangkan pemahaman dengan menggunakan jam pelajaran yang efektif 
    o meningkatkan minat belajar dan keingintahuan intelektual siswa
    o mengatur pekerjaan rumah dan rencana kegiatan luar-kelas lainnya untuk menggabungkan dan memperluas 
       pengetahuan dan pemahaman yang telah diperoleh siswa
    o menunjukkan secara sistematis keefektifan pelajaran dan pendekatan pengajaran
    o mendukung dalam perancangan dan penyediaan kurikulum yang menarik dalam lingkup (satu atau beberapa) mata 
       pelajaran terkait.

5. Menyesuaikan pengajaran untuk menanggapi (respond) kekuatan dan kebutuhan semua siswa
    o mengetahui kapan dan cara membedakan dengan tepat, penggunaan pendekatan yang memungkinkan siswa diajari 
       secara efektif
    o memiliki pemahaman yang terjamin tentang cara berbagai faktor dapat menghambat kemampuan belajar siswa dan cara 
       terbaik untuk mengatasinya
    o menunjukkan kesadaran terhadap perkembangan fisik, sosial, dan intelektual siswa, dan mengetahui cara menyesuaikan 
       pengajaran untuk mendukung pendidikan siswa pada tahap perkembangan yang berbeda
    o memiliki pemahaman yang jelas tentang kebutuhan semua siswa, termasuk mereka yang memerlukan pendidikan khusus, 
       yang berkemampuan tinggi, yang berbahasa Inggris sebagai bahasa asing, yang cacat, dan dapat menggunakan dan 
       menilai pendekatan pengajaran khusus yang dilakukan dan mendukung mereka.

6. Memanfaatkan penilaian secara akurat dan produktif 
    o mengetahui dan memahami cara melakukan penilaian dalam mata pelajaran dan ruang lingkup kurikulum yang terkait, 
       termasuk kaidah penilaian yang disyaratkan
    o menggunakan penilaian formatif dan sumatif untuk menjamin kemajuan siswa
    o menggunakan data terkait untuk memantau kemajuan, menetapkan tujuan, dan rencana pelajaran selanjutnya 
    o memberikan umpan balik terhadap siswa secara teratur, baik secara lisan mau pun melalui perbaikan yang tepat, dan 
       mendorong siswa untuk menanggapi umpan balik tersebut

7. Mengeendalikan perilaku efektif untuk memastikan lingkungan belajar yang baik dan aman
    o memiliki aturan dan rutinitas yang jelas untuk perilaku di kelas dan bertanggung jawab untuk meningkatkan perilaku 
       yang baik dan sopan baik di kelas maupun di lingkungan sekolah, sesuai dengan kebijakan perilaku di sekolah
    o memiliki harapan yang tinggi atas perilaku dan menetapkan kerangka kerja untuk kedisiplinan dengan berbagai strategi, 
       menggunakan pujian, sanksi, dan penghargaan secara konsisten dan adil
    o mengelola kelas secara efektif, dengan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dengan 
       melibatkan dan memotivasi mereka
    o menjaga hubungan baik dengan siswa, melaksanakan kewenangan yang sesuai, dan bertindak tegas bila diperlukan

8. Memenuhi tanggung jawab profesional yang lebih luas
    o memberikan dukungan positif yang lebih luas terhadap kehidupan dan etos sekolah
    o mengembangkan hubungan profesional yang efektif dengan rekan kerja, mengetahui cara dan kapan harus 
       mendayagunakan nasihat dan dukungan ahli
    o mengerahkan berbagai pendukung secara efektif
    o bertanggung jawab dalam meningkatkan pengajaran melalui pengembangan profesional yang sesuai, menanggapi saran 
       dan masukan dari rekan kerja
    o berkomunikasi secara efektif dengan orang tua siswa berkaitan dengan prestasi dan kesejahteraan siswa.


BAGIAN DUA: PERILAKU PRIBADI DAN PROFESIONAL

Seorang guru diharapkan untuk menunjukkan secara konsisten standar tinggi atas perilaku pribadi dan profesional. Pernyataan berikut mendefinisikan perilaku dan sikap yang menetapkan standar yang disyaratkan atas perilaku selama menjalani karier guru.

o  Guru menjunjung kepercayaan masyarakat atas profesinya dan mempertahankan standar tinggi etika dan 
    perilaku, di dalam dan di luar sekolah, dengan:
     memperlakukan siswa secara bermartabat, membangun hubungan yang berakar pada saling menghormati, dan setiap 
        saat mengamati batas-batas yang tepat sesuai dengan posisi profesional guru
     memperhatikan perlindungan yang dibutuhkan terhadap kesejahteraan siswa, sesuai dengan ketentuan peraturan
     menunjukkan toleransi dan penghormatan terhadap hak-hak orang lain
     tidak merusak norma-norma dasar bangsa Inggris, termasuk demokrasi, aturan hukum, kebebasan individu, dan saling 
        menghormati dan bertoleransi terhadap orang-orang dengan berbagai agama dan keyakinan
     memastikan bahwa keyakinan pribadi tidak dinyatakan dalam cara yang memanfaatkan kerentanan siswa atau mungkin 
        membawa mereka untuk melanggar hukum.

o  Guru harus berpenampilan layak dan profesional terhadap etos, kebijakan, dan tradisi sekolah tempatnya 
     mengajar dan menjaga standar tinggi dalam kehadiran dan ketepatan waktu.

o  Guru harus memiliki pemahaman dan selalu bertindak dalam, kerangka peraturan yang mengatur tugas dan 
     tanggung jawab profesionalnya.

Naskah selengkapnya dapat Anda pelajari di sini.

Adjie Gumarang Pujakelana 2013


-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...