-->

Jumat, 25 Oktober 2013

Soal-soal untuk Lomba Matematika 2007

Memang tak mudah untuk merakit soal yang bermutu (sahih, relevan, spesifik, representatif, seimbang), bahkan untuk satu butir soal sekali pun. Wajarlah kalau (dulu) Departemen Pendidikan Nasional menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan secara khusus tentang sistem pengujian. Sekarang?

Mathematical Association of America (MAA) telah menyelenggarakan 12 kali American Mathematics Competitions (AMC) sejak 1950 hingga 2007 dan menuangkan soal-soalnya ke dalam buku The Contest Problem Book secara berseri dari I hingga IX. Tentu saja di dalamnya termuat soal-soal yang sudah teruji mutunya dan dapat dijadikan acuan dalam penulisan naskah soal.

Berikut ini terjemahan dari American Mathematics Competitions (AMC) ke-12 tahun 2007 yang terdiri dari Bagian A dan Bagian B dan masing-masing terdiri dari 25 soal berbentuk pilihan berganda. Tulisan ini dikutip dari The Contest Problem Book IX. Soal terakhir (nomor 25) pada Bagian A memuat kata "spacy" dalam konsep himpunan yang belum dapat saya terjemahkan secara tepat dalam konteks butir soal tersebut. Dengan demikian soal tersebut saya biarkan dalam bahasa aslinya dan saya tandai dengan warna biru.

Dokumen yang ditulis dengan menggunakan $\small\LaTeX$ melalui writeLaTeX dengan menggunakan paket Gridleno dari Gonzalo Medina (2011) ini disedekahkan untuk Anda 

Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2013





-->

3 komentar:

  1. Terima kasih pak. Sangat bermanfaat sekali terutama untuk bahan melatih anak-anak OSN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga sukses. Salam buat Pak Yosi Rahmatdi, SMAN 1 Cepiring.

      Hapus
  2. Terima Kasih banyak pak, Mohon izin download

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...