Mumpung lagi hangat-hangatnya sambutan terhadap Kurikulum 2013 yang akan diberlakukan pada Juli 2013, kali ini penulis sampaikan Prinsip dan Standar Matematika Sekolah di Amerika Serikat yang diproduksi oleh Dewan Nasional Guru Matematika.
Prinsip Matematika Sekolah
□ KESETARAAN (EQUITY)
Keunggulan dalam pendidikan matematika membutuhkan kesetaraan-harapan yang tinggi dan dukungan yang kuat bagi semua siswa.
□ KURIKULUM
Kurikulum bukan sekedar kumpulan kegiatan melainkan harus terpadu, difokuskan pada pentingnya matematika, dan berkaitan erat pada seluruh kelas.
□ MENGAJAR
Pengajaran matematika yang efektif memerlukan pemahaman tentang apa yang diketahui dan perlu dipelajari siswa dan kemudian menantang dan mendukung mereka untuk belajar dengan baik.
□ BELAJAR (LEARNING)
Siswa harus belajar matematika dengan pemahaman, secara aktif membangun pengetahuan baru dari pengalaman dan pengetahuan sebelumnya.
□ PENILAIAN (ASSESSMENT)
Penilaian harus mendukung pembelajaran pentingnya matematika dan memberikan informasi yang berguna bagi guru dan siswa.
□ TEKNOLOGI
Teknologi sangat penting dalam proses belajar-mengajar matematika, berpengaruh terhadap matematika yang diajarkan dan meningkatkan belajar siswa.
Standar Matematika Sekolah
BILANGAN DAN OPERASINYA
Program instruksional dari TK sampai dengan Kelas 12 harus memungkinkan semua siswa untuk
□ memahami bilangan, cara menyatakan bilangan, hubungan antarbilangan, dan sistem bilangan;
□ memahami makna operasi dan hubungannya satu sama lain;
□ menghitung dengan lancar dan membuat perkiraan yang masuk akal.
ALJABAR
Program instruksional dari TK sampai dengan Kelas 12 harus memungkinkan semua siswa untuk
□ memahami pola, relasi, dan fungsi;
□ menyatakan dan menganalisis situasi dan bentuk matematis dengan menggunakan lambang-lambang aljabar;
□ menggunakan model matematika untuk menyatakan dan memahami hubungan kuantitatif;
□ menganalisis perubahan dalam berbagai hal.
GEOMETRI
Program instruksional dari TK sampai dengan Kelas 12 harus memungkinkan semua siswa untuk
□ menganalisis ciri dan sifat dari bentuk geometris berdimensi dua dan tiga dan mengembangkan penalaran matematis tentang hubungan geometris;
□ menentukan letak dan menggambarkan hubungan antarletak dengan menggunakan geometri koordinat dan sistem penggambaran lainnya;
□ menerapkan transformasi dan menggunakan simetri untuk menganalisis situasi matematika;
□ menggunakan penggambaran, penalaran tentang letak, dan pemodelan geometri untuk memecahkan masalah.
PENGUKURAN
Program instruksional dari TK sampai dengan Kelas 12 harus memungkinkan semua siswa untuk
□ memahami sifat objek yang dapat diukur dan satuannya, sistem, dan proses pengukuran;
□ menerapkan teknik, alat, dan rumus yang tepat untuk menentukan pengukuran.
ANALISIS DATA DAN PELUANG
Program instruksional dari TK sampai dengan Kelas 12 harus memungkinkan semua siswa untuk
□ merumuskan permasalahan yang dapat ditunjukkan dengan data dan mengumpulkan, mengatur, dan menampilkan data yang bersesuaian untuk menjawabnya;
□ memilih dan menggunakan metode statistik yang sesuai untuk menganalisis data;
□ mengembangkan dan menilai kesimpulan dan dugaan berdasarkan pada data;
□ memahami dan menerapkan konsep-konsep dasar peluang.
PEMECAHAN MASALAH
Program instruksional dari TK sampai dengan Kelas 12 harus memungkinkan semua siswa untuk
□ membentuk pengetahuan matematika baru melalui pemecahan masalah;
□ memecahkan masalah yang muncul dalam matematika dan dalam konteks lain;
□ menerapkan dan menyesuaikan berbagai strategi yang tepat untuk memecahkan masalah;
□ mengamati dan menunjukkan proses pemecahan masalah matematika.
PENALARAN DAN BUKTI
Program instruksional dari TK sampai dengan Kelas 12 harus memungkinkan semua siswa untuk
□ mengenali penalaran dan bukti sebagai aspek dasar matematika;
□ membuat dan menyelidiki dugaan matematis;
□ mengembangkan dan menilai penalaran dan bukti matematis;
□ memilih dan menggunakan berbagai jenis penalaran dan metode pembuktian.
KOMUNIKASI
Program instruksional dari TK sampai dengan Kelas 12 harus memungkinkan semua siswa untuk
□ mengatur dan menggabungkan pemikiran matematis mereka melalui komunikasi;
□ mengungkapkan pemikiran matematis mereka secara terpadu dan jelas kepada teman, guru, dan orang lain;
□ menganalisis dan menilai pemikiran dan strategi matematis dari orang lain;
□ menggunakan dengan tepat bahasa matematika untuk menyatakan gagasan matematis.
HUBUNGAN
Program instruksional dari TK sampai dengan Kelas 12 harus memungkinkan semua siswa untuk
□ mengenali dan menggunakan hubungan antargagasan matematis;
□ memahami cara gagasan matematis saling terhubung dan terbentuk satu sama lain untuk menghasilkan perpaduan yang utuh;
□ mengenali dan menerapkan matematika dalam berbagai hal di luar matematika.
PENYAJIAN
Program instruksional dari TK sampai dengan Kelas 12 harus memungkinkan semua siswa untuk
□ membuat dan menggunakan penyajian untuk mengatur, merekam, dan menyampaikan gagasan matematis;
□ memilih, menerapkan, dan menerjemahkan antarpenyajian matematis untuk memecahkan masalah;
□ menggunakan penyajian terhadap model dan menafsirkan gejala fisik, sosial, dan matematis.
Adjie Gumarang Pujakelana 2013
-->
Tidak ada komentar:
Posting Komentar