-->

Minggu, 28 Juli 2013

Write LaTeX: Menulis dengan LaTex Secara Online

Berkat ulasan di situs yang saya ikuti, saya menemukan sesuatu yang selama ini saya harapkan: penulisan dengan menggunakan LaTeX yang memudahkan untuk pemula!
Memang dalam blog ini pun saya telah menyisipkan gadget yang memungkinkan dalam penggunaan LaTex, namun kemampuannya terbatas dan hanya dapat saya manfaatkan terutama untuk penulisan lambang-lambang atau fungsi matematis. Sedangkan dalam situs yang baru saya ketahui ini, kita dapat melakukan penulisan ilmiah secara utuh selayaknya dilakukan dengan aplikasi pengolah kata, bahkan dapat pula kita membuat tulisan berbentuk presentasi.
WriteLaTeX adalah layanan gratis yang memungkinkan kita untuk membuat, menyunting, dan berbagi ide-ide ilmiah secara online menggunakan LaTeX, sehingga menjadikannya sarana yang komprehensif dan bermanfaat untuk penulisan ilmiah.
Saat saya menulis, sekitar 40 juta halaman LaTeX telah dibuat dengan menggunakan writeLaTeX. Sangat meyakinkan karena sarana ini digunakan oleh universitas-universitas ternama seperti Caltech, Warwick, Harvard, Oxford, Imperial, Stanford, Cambridge, MIT, dan Cornell.
Fitur-fitur utama yang saya ketahui antara lain:
o   Halaman terbagi dalam dua sisi: di kiri tempat kita menulis dan di kanan tulisan yang dihasilkan.
o   Tulisan tersimpan secara otomatis dan dapat disimpan dengan nama tertentu agar dapat diakses di lain waktu.
o   Tulisan dapat diunduh dalam bentuk PDF.
o   Dapat mengunggah dan menyisipkan gambar ke dalam tulisan.
o   Dapat mengunduh semua tulisan yang telah dibuat dalam bentuk zip.
o   Dapat berbagi tulisan dengan alamat tautan yang disediakan.
o   Untuk pemula atau sebagai pembanding, terdapat beberapa format contoh tulisan ilmiah dan presentasi.
o   Tersedia halaman tutorial dan halaman bantuan (Help).
Sebagai contoh, tulisan tentang Trigonometri dalam blog ini telah saya rampungkan dengan memanfaatkan write LaTex, sehingga penulisannya dalam blog ini tidak akan saya lanjutkan. Bila Anda memerlukannya, Anda dapat mengunduhnya di bawah ini.
Meskipun belum begitu baik, terutama dalam pengaturan ukuran huruf, tetapi pada umumnya saya telah belajar beberapa hal dasar dalam penulisannya.
Karena ada berbagai sistem acuan dalam penulisan LaTex maka kita pun harus menyesuaikan diri dengan sistem yang digunakannya. Tentu saja sintaks dalam penulisan LaTeX harus kita ketahui dengan tepat.
Silakan mendaftarkan diri di write LaTex dan selamat menulis dengan menggunakan LaTeX!

Adjie Gumarang Pujakelana, 2013




-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...